Pemasaran Produk Salad Nyoo

Produk  “SALAD NYO”





    Salad Nyoo adalah sebuah produk yang terbuat dari berbagai macam buah buahan yang dihidangkan bersama saus manis beserta pelengkap dan pemanisnya dengan underliner (bahan dasar) yaitu buah mangga, melon, strawberry, alpukat (tergantung varian rasa) lalu body (Campuran warna sesuai varian contohnya green tea/hijau, taro/ungu, original/putih) dan dressing seperti saus mayonaise manis disertai dengan garnish (hiasan atau topping) yaitu parutan keju, potongan buah lemon, strawberry, dan daun mint.  Pada blog kali ini aku akan menjelaskan bagaimana sih bentuk promosi penjualan dari Salad Nyoo, agar produk dikenal lebih luas dan bisa dikonsumsi oleh konsumen. 

    Jadi jenis manajemen pemasaran itu dibagi menjadi 3 yaitu ATL (Above The Line/Online), BTL (Below The Line/Offline) dan TTL (Through The Line/Gabungan online dan offline)

 Oke lanjotttt CEKIDOT ke bawahhh ....

Yang Pertamaaa
Above The Line
    Bentuk teknik promosi Salad Nyo adalah dengan menarik perhatian konsumen dan memancing rasa ingin tahu dan mencoba produk serta menanamkan branding image yang kuat di mainside audiens dengan menjelaskan konsep dan ide suatu produk.Media elektronik yang digunakan adalah sosial media khususnya instagram. Strategi pemasarannya adalah:

  1. Memberikan hadiah Giveaway uang Rp1.000.000, Batang emas, Voucher Gratis dengan syarat post feed di story instagram (Ketika konsumen ingin mendapatkan hadiah giveaway maka konsumen akan mengikuti persyaratan yang ada, secara tidak langsung ikut menyebar luaskan produk dari Salad Nyoo. Contoh Giveaway berupa Emas Batangan
  2. Promo Buy 1 Get 1 melalui pembelian Ojek Online Grab dan Gojek (Mengarahkan konsumen untuk membeli online karena harga lebih murah daripada pembelian langsung di stand). Contoh Promo Buy 1 Get 1
  3. Quiz Time pertanyaan logika dan permainan kata jika menang akan mendapat free Voucher 50 ribu untuk pembelian salad ukuran apapun dengan syarat game like postingan dan tag teman yang lain (Menarik teman teman yang lain untuk ikut dalam game selain kita diuntungkan jika mendapat hadiah, Salad Nyoo pun juga untung karena bisa menjangkau lebih banyak lagi follower). Contoh Quiz Time
  4. Pemenang feed dan story dengan hadiah mendapatkan Salad Large dengan varian rasa bebas (Mengajak konsumen membeli salad untuk dijadikan objek foto lalu di upload di story instagram yang memancing rasa ingin tahu orang lain)
  5. Menampilkan Twibbon yang berisi kesan dan pesan tentang produk yang disukai
  6. Diskon 70% dengan pakai kode promo Grab Food semisal Grab Wae
  7. Big sale (Buy 1 Get 1) + Free dessert atau silky (Puding)
  8. Desain Packagingnya yang praktis, mewah dan instagramable sehingga menarik perhatian konsumen khususnya remaja yang kekinian dan hitz.
  9. Menghadirkan varian produk yang baru dan unik dari segi rasa, desain packaging dan warna serta harga yang sangat terjangkau.

Hasil gambar untuk salad nyo



Below The Line
    Strategi mendorong calon konsumen untuk mencoba dan membeli produk yang ditawarkan, dengan kegiatan yang diselenggarakan melibatkan dan mempertemukan secara langsung antara perusahaan atau retailer atau pembeli.

Hasil gambar untuk salad nyo promosi

    Kegiatannya memberikan kesempatan konsumen untuk merasakan, menyentuh atau berinteraksi dan menggunakan nya, contoh dari Salad Nyo

  1. Uji coba lewat SPG yang mendatangi konsumen dengan membawa salad.
  2. Lewat event kegiatan menawarkan produk kepada calon konsumen
  3. Pameran launching produk di acara sobat ambyar semisal iklan disela sela acara
  4. Seminar, uji coba kepada guest star agar penonton atau calon konsumen juga ingin mencoba produk
  5. Menawarkan produk secara gratis ke sekolah yang segmen pasarnya atau siswanya banyak jumlah nya semisal STM atau SMEA dengan syarat membuat video di upload di instagram tentang produk disertai hastag
  6. Ketika membuka cabang baru di tempat baru : Menggratiskan produk salad untuk 15 pelanggan pertama, Memberikan handbill beserta contoh produk dan Adanya flash sale 70% untuk konsumen pembelian langsung di stand.
Throught The Line
Munculnya media promosi baru yang berbasis Teknologi dan Informasi, rancangan iklan ini menggabungkan ATL dan BTL (Online dan Offline).
  1. Pengiklan ATL yang mengandung unsur BTL adalah Print Advertising (Iklan) yang sering menyertakan sample produk yang diiklankan. Pameran produk dengan pembagian brosur dan katalog dengan menyertakan alamat website toko online.
  2. Pengiklan BTL yang mengandung unsur ATL adalah aktivitas atau event untuk menunjang promosi produk yang sering diklankan di media.
  3. Aktivitas Below The Line atau interaksi langsung dengan konsumen yang diunggah ke website atau sosial media.
Semoga Bermanfaat bagi sahabat pembaca acu :)
Jangan lupa share, like dan komen ya gaes and ikutin terus perkembangan dari blog inii... BIG THANKYOU       

Komentar